Gol Perdana Yandi Dicetak Jelang Ramadhan pada Club Eropa RCS Vise Belgia

goalbola – Hari ini seluruh umat muslim menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Sebuah ritual yang sangat dinantikan dan disambut dengan suka cita oleh para muslimin di seluruh dunia. Hal yang sama pun dirasakan oleh Yandi Sofyan, Alfin Tuasalamony, dan Yerico Christiantoko yang saat ini tengah mengadu nasib di klub RCS Vise Belgia.

Ramadhan kali ini memang berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya. Saat masih di tanah air, mereka menjalaninya dengan berkumpul dengan keluarga besar. Ketika di Uruguay, suasana kebersamaan dalam menjalankan puasa juga dialami bersama pemain lainnya di SAD Indonesia.

Yandi mengaku sangat menantikan datangnya bulan suci Ramadhan ini. Saat masih memperkuat SAD Indonesia, ia termasuk istiqomah menjalankan puasa meski jadwal pertandingan sedang padat. Tahun lalu, Yandi hanya tidak berpuasa selama empat hari. Itupun karena ada jadwal latihan fisik keras dan pertandingan.

Tahun ini, Yandi pun berharap bisa menjalani ibadah puasa secara penuh, walau pada kenyataannya sangatlah sulit terwujud. Apalagi, RCS Vise saat ini masih berada dalam fase persiapan jelang musim kompetisi Liga Belgia 2011/2012 yang tentunya membutuhkan kesiapan fisik yang prima dari pemainnya.

“Pada hari pertama ini juga Yandi terpaksa gak puasa dulu. Menu latihannya sangat berat dan Vise juga lagi banyak pertandingan uji coba. Insya Allah Yandi akan puasa kalau Vise hanya latihan sekali sehari ataupun saat libur latihan,” papar Yandi.

Meski tidak puasa, semalam Yandi tetap menjalankan ibadah shalat Tarawih. Anak muda asal Garut ini melaksanakan shalat Tarawih berdua dengan Yericho Christiantoko di apartemen mereka, di Rue De Mons, 200 meter dari Stadion RCS Vise.

“Kita shalat Tarawih berdua saja. Soalnya, Alfin sedang ke Belanda mengunjungi keluarganya yang ada di sana. Alhamdulillah, suasana bulan Ramadhan tetap terasa di sini walau tidak seramai biasanya,” ungkap Yandi.

Sementara itu, perkembangan positif dialami oleh Yandi Sofyan cs bersama RCS Vise. Sejak bergabung dengan Vise, mereka sudah tiga kali dimainkan dalam uji coba. Lawan terakhir yang dihadapi adalah klub asal Belanda, Maastricht. Dalam pertandingan yang berlangsung tanggal 29 Juli tersebut, Vise menyerah 0-1. Yandi Sofyan mendapatkan kesempatan bermain paling lama, sekitar 70 menit. Sedangkan Alfin dan Yerico hanya bermain selama 30 menitan.

Penampilan paling fenomenal terjadi saat menghadapi Maasmechelen, tanggal 27 Juli lalu. Yandi Sofyan menunjukkan kualitasnya dengan mencetak satu gol dan satu assist untuk membawa Vise menang telak 4-0. Yericho Christiantoko turut bermain pada pertandingan itu. Sedangkan Alfin absen karena saat itu tengah menderita cedera.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s