Stadion Perjiwa Tercanggih dan Termewah di Indonesia.

goalbola – Stadion Kudunga mulai dibangun tahun 2007, merupakan stadion yang terletak di komplek olahraga Perjiwa, Tenggarong. Stadion ini terletak di Kabupaten terkaya di Indonesia yaitu Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur. Stadion ini telah resmi menjadi kandang dari kesebelasan Mitra Kukar yang memiliki daya tampung sekitar 45.000 tempat duduk.

Stadion Perjiwa, Tenggarong diklaim lebih megah dibanding Stadion Utama Palaran ataupun Senayan. Selain lapangan standar Eropa, stadion ini dilengkapi atap model knock down. Atap bisa distel membuka dan menutup secara digital. Menurut beberapa sumber total biaya yang dihabiskan tak kurang dari Rp860 miliar.

Stadion ini merupakan venue yang digunakan dalam event PON XVII Kalimantan Timur tahun 2008. Di kompleks olahraga ini selain Stadion utama terdapat juga Velodrome atau arena balap sepeda yang dibangun di atas lahan seluas 0,3 hektare dengan kapasitas penonton sekitar 45.000 orang.

Selain itu terdapat Equestrian untuk ketangkasan berkuda yang terbagi dua yakni lapangan tertutup dan terbuka. Kemudian terdapat arena panjat tebing ssluas 3.800 meter persegi, sementara luasan gedung utama 175.75 meter persegi dengan kapasitas 450 penonton.

Di kompleks tersebut terdapat juga lapangan panahan dibangun dengan luas 36.540 meter persegi, lapangan tembak, gedung beladiri, serta asrama atlet yang terdiri dari 4 unit bangunan utama yang dapat menampung 544 atlet.

3 responses to “Stadion Perjiwa Tercanggih dan Termewah di Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s