Terbentur Jadwal Timnas Drago Mamic Kebingungan Untuk Evaluasi Persib

BANDUNG, goalbola – Racikan pelatih Drago Mamic belum terasa pada laga perdana Indonesia Primer League (IPL) 2011/2012. Hasil imbang 1-1 yang diraih juga menyisakan cerita lain karena tertolong melalui gol penalti Miljan Radovic setelah Persib tertinggal terlebih dulu dan bermain dengan 10 pemain. Pelatih berpaspor Kroasia masih ingin melakukan koreksi atas belum maksimalnya anak-anak Bandung pada pertandingan perdana.
Mantan pelatih tim nasional (timnas) Myanmar berasalan bahwa timnya belum pernah mencoba bermain pada laga persahabatan. Sehingga ketika melawan tim yang sudah melakukan persiapan selama tiga bulan seperti Semen Padang, timnya belum bisa bersaing.

Dia merasakan ada yang belum maksimal dari laga tersebut. Selain memuji kekuatan Kabau Sirah – julukan Semen Padang – yang bermain baik, kekuatan Persib nampak belum ada apa-apanya. “Kami menjadikan laga ini sebagai tes pertama. Tidak pernah melakukan pertandingan persahabatan dengan tim se-level untuk mengukur permainan kami. Tapi, kami harus puas dengan hasil ini,” ujarnya.

Debut sang juru taktik dengan menuai satu poin terbilang cukup mengherankan. Pemain Persib yang dihuni pemain berkelas ternyata belum memenuhi harapan. Persib terlihat gagal mengembangkan permainan khususnya di babak pertama. Gelandang sayap yang seharusnya bekerja maksimal belum mampu meredam tekanan yang diterapkan pemain Semen Padang.

Dalam pola lima gelandang, jarak antar pemain tengah yang terlalu jauh membuat Maung Bandung kesulitan berkreasi membongkar pertahanan tim lawan. Justru Elie Aiboy dkk yang berhasil menadapat sejumlah peluang di babak pertama. Memasuki babak kedua pun, Semen Padang justru semakin bermain disiplin dengan mengandalkan pertahanan milik Tomy Rifka dkk.

Statistik permainan secara keseluruhan tidak memihak pada tim tuan rumah. Miljan Radovic dkk bertumpu pada permainan monoton. Percobaan yang dilakukan Persib masih terbilang minim dengan mengemas satu kali tendnagan sudut, 5 kali tembakan melenceng dan tidak mendapat sakalipun tendangan ke arah gawang.

Berbeda dengan tim besutan Nilmaizar yang tercatat memiliki dua tembakan ke arah gawang, 9 kali percobaan tembakan melenceng dan lebih dari 8 kali mendapatkan tendnagan dari pojok lapangan. Meski lebih dari 15 kali melakukan pelanggaran, justru hanya mendapat satu kartu kuning. Sedangkan Persib diganjar 3 kartu kuning dan 1 kartu merah. Uniknya, Persib lebih sedikut melakukan pelanggaran.

Terlepas dari kepemimpinan wasit Retu Slamet yang memimpin partai pembuka IPL, sang juru taktik tim kebanggan bobotoh mengakui masih ada hal yang mengganjal. “Saya perlu melakukan koreksi atas pertandingan tadi,” ucapnya.

Ya, wajar jika Drago Mamic beralasan. Dia pun mengakui masih memiliki waktu dalam satu bulan untuk mengurangi kesalahan bermain di laga perdana dan melakukan persiapan pada laga selanjutnya.

Tapi untuk mewujudkan hal itu, dia mengaku masih cukup ragu mengingat padatnya jadwal timnas Indonesia. Mengingat lima pilarnya juga berstatus pemain timnas yakni Hariono, M Ilham, M Nasuha, Tony Sucipto, dan Zulkifli Syukur. Timnas masih menyisakan dua laga di bulan November.

“Saya pasti melakukan persiapan. Tapi sulit untuk melakukan koreksi karena masih terbentur jadwal pemain timnas yang melakukan laga away khususnya,” terangnya. Timnas akan menghadapi Qatar pada 11 November untuk laga tandang dan kembali lagi pada laga kandang menjamu Iran pada 15 November.

Yang pasti, Persib memiliki waktu selama satu bulan untuk melakukan persiapan sementara mengingat jadwal yang diterima Persib akan kembali bertanding pada 3 Desember menghadapi Persijap Jepara di Stadion Gelora Kartini Jepara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s