SeaGames 2011 Football, Myanmar Libas Brunei 4-0

JAKARTA, goalbola — Myanmar melibas Brunei Darussalam 4-0 (2-0) pada lanjutan laga penyisihan Grup B cabang sepak bola SEA Games di Stadion Lebak Bulus, Jakarta, Rabu (9/11/2011).

Panen gol kemenangan Myanmar dibuka oleh gelandang Kyaw Zeyar Win melalui tendangan bebas pada menit ke-6 dan dilanjutkan striker Min Min Thu lewat sundulan pada menit ke-32.

Di babak kedua, striker Kyaw Ko Ko memperbesar kemenangan Myanmar menjadi 3-0, setelah tendangannya gagal diblok oleh kiper Brunei, Junaidi Bin Akim. Sepuluh menit menjelang bubar, pemain pengganti Kyi Lin menambah gol menjadi 4-0.

Sepanjang laga, Myanmar lebih banyak mengendalikan permainan dengan penguasaan bola dan inisiatif serangan. Beberapa kali bek kanan mereka, Yan Aung Win, ikut naik menekan pertahanan Brunei. Namun, salah satu kekuatan menonjol mereka adalah kemampuan memanfaatkan bola-bola mati.

Dua gol pertama Myanmar berasal dari bola-bola mati, dengan Kyaw Zeyar Win sebagai arsiteknya. Dialah yang membuka kemenangan lewat gol tendangan bebas, persis dari depan kotak penalti, saat laga baru memasuki menit ke-6.

Dari tendangan pojok Kyaw Zeyar Win juga, Myanmar menggandakan keunggulan 2-0. Tendangan Kyaw disambut sundulan Min Min Thu, yang tidak terkawal.

Selain sering menekan, mereka juga kokoh dalam bertahan. Bek tengah Myanmar sulit ditembus, disiplin dalam menjaga area pertahanan, dan sigap menghalau serangan.

Saat tertinggal 0-3, Brunei kehilangan satu pemain. Bek kanan mereka, Muhd Arif Bin Ali Rahman, dikartu merah langsung karena menekel keras Aung Myint Aye. Dalam situasi itu, pemain Myanmar terus mengendalikan permainan, dan hanya diselingi beberapa serangan Brunei yang tidak berbahaya.

Dengan kemenangan tersebut, Myanmar kini mengantongi nilai tujuh dari tiga laga. Pada laga sebelumnya, mereka memukul Laos 3-2 dan imbang 0-0 lawan Vietnam. Sementara Brunei baru mendapat satu poin, dari satu seri lawan Laos dan serta kekalahan dari Timor Leste dan Myanmar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s