Persipura Masuk Ke LCA

Jakarta – AFC akhirnya memutuskan untuk mengizinkan Persipura Jayapura berlaga di Liga Champions Asia. Federasi sepakbola Asia itu menuruti keputusan sela yang sudah dikeluarkan oleh Pengadilan Arbitase Olahraga Internasional (CAS).

Keputusan CAS terkait gugatan ‘Tim Mutiara Hitam’ yang keikutsertaannya di Liga Champions Asia dicoret. Keputusan tersebut tertuang dalam surat yang dikeluarkan pada 1 Februari kemarin.

Keputusan yang dicantumkan CAS dalam surat tersebut merupakan keputusan sela, yang membuka, memungkinkan serta mempermudah kelanjutan pemeriksaan kasus Persipura vs PSSI oleh hakim CAS.

Dalam surat yang bertanggal Jumat 10 Februari 2012, dan ditujukan kepada Sekjen PSSI, Tri Goestoro, serta Ketua Federasi Sepakbola Australia, Ben Buckley, Persipura diputuskan untuk melakukan satu laga play-off melawan klub asal Australia, Adelaide United.

Surat yang sama juga mencantumkan jadwal serta tempat digelarnya pertandingan, yakni pada Kamis 16 Februari 2012 di Hindmarsh Stadium pukul 19.00 waktu setempat.

Pemenang pertandingan tersebut akan lolos ke Grup E Liga Champions Asia, yang berisi juara Uzbekiztan, Bunyodkor, klub J-League, Gamba Osaka, dan pemenang laga play-off antara Pohang Steelers dan Chonburi FC.

Dalam surat tersebut, AFC juga mencantumkan syarat lainnya. “Jika nantinya Persipura didiskualifikasi, terkait keputusan akhir CAS (yang mungkin saja berbeda dari keputusan sela mereka), Adelaide United akan menggantikan Persipura untuk berlaga di babak grup Liga Champions Asia.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s